LEUKEMIA GRANULOSITIK KRONIK PDF

leukemia granulositik kronik Makalah Leukemia Limfositik Kronik. Makalah Leukemia Limfositik Kronik. Leukemia Myeloid Kronik. ppt LMK. Leukemia. Chronic Myeloid Leukemia (CML) is caused by the BCR-ABL tyrosine kinase, the Leukemia Granulositik Kronik (LGK) disebabkan oleh gen BCR-Abl domain. Hubungan Gambaran Klinis dan Laboratorium Hematologis antara Leukemia Granulositik Kronik Ph (+)/BCR-ABL (+) dengan Bentuk Kelainan Ph/BCR-ABL.

Author: Vudojind Kisar
Country: Oman
Language: English (Spanish)
Genre: Automotive
Published (Last): 19 November 2016
Pages: 372
PDF File Size: 9.43 Mb
ePub File Size: 3.93 Mb
ISBN: 662-1-16748-337-5
Downloads: 55795
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Gok

Dengan kemajuan teknologi dibidang biologi molekular, didapatkan adanya gabungan antara gen yang ada dilengan panjang kromosom 9 9q34yakni ABL Abelson dengan gen BCR break cluster region.

Mekanisme terbentuknya kromosom Ph dan waktu yang dibutuhkan sejak terbentuknya Ph sampai menjadi CML dengan gejala klinis yang jelas, hingga kini masih belum diketahui secara pasti.

Riwayat Obat-obatan Pemeriksaan Pemeriksaan Fisik – – – Mata Pada pasien ditemukan konjungtiva anemia dan sklera non-ikterik Leher Leher pasien normal tidak ada perbesaran kelenjar tiroid dan kelenjar getah bening, tidak ada benjolan dan tanda-tanda radang PF thorax inspeksi, palpasi, perkusi, auskultasi Dalam batas-batas normal PF abdomen Pada pasien ditemukan splenomegali schuffner 3, hepar dan organ lain dalam batasbatas normal.

Selain itu pasien merasa cepat kenyang dan begah. Biro Publikasi Fakultas Kedokteran Ukrida; Penggunaan dihentikan bila leukosit. Setelah funduskopi, retina dapat menunjukkan papiledema, obstruksi vena, dan perdarahan namun juga tidak terlalu umum dan spesifik untuk CML.

Dalam situasi ini, demam biasanya berhubungan dengan infeksi. Gejala nonspesifik meliputi kelelahan dan penurunan berat badan dapat terjadi lama setelah timbulnya penyakit. Published on Feb View 30 Download Gen ini dapat memicu transkrip gen itu sendiri menjadi terusmenerus leukenia dan anti-apoptosis sehingga memicu keganasan, membuat sel lebih rawan terhadap abnormalitas genetik. Juvenile chronic myeloid leukemia4. Clinical hematology and fundamentals of hemotasis. Beberapa pasien dengan CML memiliki demam ringan dan berkeringat berlebihan terkait dengan hipermetabolisme.

  JBL 2441 PDF

Leukemia Granulositik Kronik – PDF Free Download

Penyakit ini sering ditemukan secara kebetulan dalam fase kronis, ketika didapatkan hitung leukosit meningkat pada pemeriksaan darah rutin atau adanya splenomegali pada pemeriksaan fisik umum.

Disamping itu, BCR-ABL juga bersifat anti-apoptosis sehingga menyebabkan gen ini dapat bertahan hidup lebih lama dibanding sel normal. Gambaran tepi yang dihasilkan menyerupai leukemia walaupun tetap merupakan reaksi terhadap keadaan non hematologik. Bentuk eritrosit yang normal atau nilai MCV-nya masih masuk dalam nilai rujukan dianggap normositik.

Kebanyakan pasien mencapai remisi hematologi dalam waktu bulan. Gagal sumsum tulang Bone marrow failure. Patofisiologi konsep klinis proses-proses penyakit. Patofisiologi CML adalah kelainan diperoleh yang melibatkan sel batang hematopoietik. Apakah disertai batuk kronis? Hasil pengobatan tidak memuaskan, dan kebanyakan pasien menyerah pada penyakit sekali fase ini berkembang. CMML, bersama dengan penyakit lain yaitu tipikal leukemia mieloid kronik dan leukemia myelomonositik juvenile dimasukkan ke kategori campuran, yaitu penyakit myelodisplastik-myeloproliferatif.

Karena imatinib mengikat ke domain kinase ABL dikonformasi tertutup atau tidak aktif untuk menginduksi perubahan konformasi, resistensi terjadi ketika mutasi mencegah domain kinase dari mengadopsi konformasi spesifik terhadap ikatan.

Umumnya LGK mengenai usia pertengahan dengan puncak umur 45 tahun. Kadar besi serum menurun pada anemia defisiensi besi. Obat ini hanya menyebabkan durasi singkat myelosupresi, dengan demikian, bahkan jika jumlah sel lebih rendah daripada yang dimaksudkan, menghentikan pengobatan atau mengurangi dosis biasanya mengontrol jumlah darah.

Jumlah sel darah putih pasien WBC kroonik dikontrol dengan obatobatan remisi hematologi. Referat Leukemia Full description. Hepatomegali juga terjadi, meskipun kurang umum granulosigik splenomegali.

Reaksi ini bersifat sementara bila penyebabnya diobati maka reaksi ini pun akan hilang. Protein yang dihasilkan dari gabungan gen tersebut, meningkatkan proliferasi dan menurunkan apoptosis dari sel ganas. Ironik rasa sakit di perut kuadran kiri atas atau sakit di bahu kiri? Woc Leukemia wocFull description. Pasien juga mengeluh sering demam dan keringat dingin terutama pada malam hari.

  COSMICOMICHE ITALO CALVINO PDF

Diagnosis CML ditegakkan melalui pemeriksaan hapusan darah tepi dan analisis sumsum tulang. Riwayat Sosial dan Kebiasaan Pasien mengaku hanya mengkonsumsi makanan alami tanpa adanya pengawet e.

Kadang timbul nyeri seperti diremas diperut kanan atas akibat peregangan kapsul limpa. Penyakit Leukemia Full description. Calon pasien harus ditawarkan prosedur ini jika mereka memiliki donor terkait cocok atau singlet antigen cocok tersedia.

leukemia granulositik kronis dengan AIHA

Remisi hematologi jumlah sel darah lengkap [CBC] normal dan pemeriksaan fisik normal [yaitu, tidak ada organomegali] 2. Leukemia jenis ini sering menyerang individu setengah baya. Diawali dengan splenomegali, kelebihan sel-sel darah yang diproduksi saat keadaan LGK sebagian berakumulasi di limpa.

Tidak ada keluhan batuk atau nyeri berkemih. Pemeriksaan Penunjang Pemeriksaan penunjang yang penting untuk dilakukan pada kasus hematologi: Diagnosis Berdasarkan hasil anamnesis, pemeriksaan fisik, dan penunjang, pasien didiagnosis kerja dengan penyakit Leukemia Granulositik Kronik.

Leukemia Granulositik Kronik

Ketika sudah pecah maka terjadi infark limpa Prognosis Secara historis, kelangsungan hidup rata-rata pasien dengan CML adalah tahun dari saat diagnosis. Leukemia mielositik kronik yang paling umum adalah disertai dengan kromosom Philadelphia Ph.

SITE To ensure the functioning of the site, we use cookies. Bila saat diagnosa ditegakkan pasien berada pada fase kronis, maka kelangsungan hidup berkisar antara 1 sampai 1,5 tahun.